MODEL
PEMBELAJARAN
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika
Universitas Sriwijaya
Pengertian
Model Pengajaran
Menurut
Joyce dalam Irianto, model pembelajaran adalah sesuatu perencanaan atau suatu
pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas
atau pembelajaran tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat
pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, computer, kurikulum, dan
lain-lain (Irianto, 2007: 5)
Istilah
model pengajaran dibedakan dari
istilah strategi pengajaran, metode pengajaran, atau prinsip pengajaran.
Istilah model pengajaran mempunyai makna yang lebih luas daripada suatu
strategi, metode, atau prosedur. Istilah model pengajaran mempunyai empat ciri
khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau metode tertentu yaitu: rasional
teoretik yang logis yang disusun oleh penciptanya, tujuan pembelajaran yang
akan dicapai, tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat
dilaksanakan secara berhasil, dan lingkungan belajar yang diperlukan agar
tujuan pembelajaran itu dapat tercapai.
(Farid Makrup: http://dt.tp.ac.id/doc/model+pembelajaran+matematika)
Model-model pengajaran dapat diklasifikasikan
berdasarkan: tujuan pembelajarannya, pola urutannya dan sifat lingkungan
belajarnya. Sebagai contoh pengklasifikasian berdasarkan tujuan, pengajaran
langsung merupakan suatu model pengajaran yang baik untuk membantu siswa
mempelajari keterampilan dasar seperti tabel perkalian atau untuk topik-topik yang
banyak berkaitan dengan penggunaan alat. Akan tetapi model ini tidak sesuai
bila digunakan untuk mengajarkan konsep-konsep matematika tingkat tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar