Daftar Blog Saya

Sabtu, 31 Desember 2011

ANALISIS DATA OBSERVASI


ANALISIS DATA OBSERVASI
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

Untuk mengetahui aktivitas selama proses pembelajaran  maka dilakukan pengamatan, aspek yang diamati sesuai dengan lembar observasi yang dibuat. Didalam lembar observasi dicantumkan komponen-komponen Model Pengajaran Lansung. Jika komponen-komponen Model Pengajaran Lansung muncul pada deskriptor yang diberikan,  maka observer diminta  membubuhkan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai. Selanjutnya observer memberikan skor pada masing-masing komponen yang sudah diberi tanda cek ().
Skor yang diberikan adalah sebagai berikut: Skor 5 : jika semua deskriptor muncul; Skor 4 : jika tiga deskriptor muncul; Skor 3 : jika dua deskriptor muncul; Skor 2 : jika satu deskriptor muncul;Skor 1 : jika tidak ada deskriptor muncul.
Adapun persentase rata-rata skor dihitung sebagai berikut:
Persentase rata-rata skor (RS) =
Hasil observasi (dalam %) dapat dikonversikan ke dalam data kualitatif untuk menentukan kategori keaktifan siswa selama proses pembelajaran seperti yang terlihat pada tabel berikut





Tabel 3.3
Kategori keaktifan siswa selama proses pembelajaran
Skor (%)
Kategori
81 – 100
61 - 80
41 - 60
21 - 40
0 – 20
Sangat Aktif
Aktif
Cukup Aktif
Kurang Aktif
Tidak Aktif
(Modifikasi dari Nasoetion, 2007)
Analisis Dokumen
Dokumen yang dianalisis adalah  hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal-soal di lembar kerja siswa.  Data hasil belajar siswa didapat dengan memeriksa hasil kerja siswa pada LKS, kemudian dianalisis untuk melihat tingkat pencapaian hasil belajar siswa. Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menganalisis data hasil belajar adalah: (1) memberikan skor dari hasil jawaban peserta didik sesuai dengan skor pada acuan penilaian yang telah ditetapkan;  (2) menjumlahkan skor dari semua pertanyaan yang diselesaikan  siswa; dan  (3) menentukan nilai peserta didik dalam rentang 0-100.


2 komentar:

  1. Mbak saya minta daftar pustaka nasution punya gak?
    makasih sblumnya. Regards
    Kalo bisa tlong kirim ke email saya
    ekosetiawan_mail@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Mba bisa minta daftar pustaka nasoetion...???
    Law ada boleh kirim

    BalasHapus