Daftar Blog Saya

Sabtu, 31 Desember 2011

BAHAN AJAR


BAHAN AJAR
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

Menurut Majid (2009) bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Dengan bahan ajar memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu kompetensi atau kompetensi dasar secara runtut dan sistematis sehingga secara akumulatif mampu menguasai semua kompetensi secara utuh dan terpadu.
Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Kelompok bahan ajar terdiri dari kelompok media tulis, audio visual, elektronik dan interaktif terintegrasi.
Sebuah bahan ajar paling tidak mencakup antara lain:
-       Petunjuk belajar (petunjuk siswa/guru)
-       Kompetensi yang akan dicapai
-       Informasi pendukung
-       Latihan-latihan
-       Petunjuk kerja, dapat berupa lembar kerja (LK)
-       Evaluasi
Menurut Darmadi (2009) bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri daari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai.
Dari beberapa pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar merupakan segala bahan yang disiapkan oleh guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi yang telah ditentukan.

Bentuk Bahan Ajar
Menurut Majid (2009) bentuk bahan ajar paling tidak dikelompokkan dalam empat bentuk, yaitu:
1.    Bahan cetak  (printed) antara lain handout, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, model/maket.
2.    Bahan ajar dengar (audio) seperti kaset, radio, piringan hitam dan compact disk audio.
3.    Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti video compact disk, film.
4.    Bahan ajar interaktif (interactive teaching material) seperti compact disk interaktif.
     Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar cetak yang berupa lembar kerja siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar