Daftar Blog Saya

Sabtu, 31 Desember 2011

KEVALIDAN, KEPRAKTISAN DAN EFEK POTENSIAL SUATU BAHAN AJAR


KEVALIDAN, KEPRAKTISAN DAN EFEK POTENSIAL
SUATU BAHAN AJAR
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

Menurut Akker (1999) suatu bahan ajar dikatakan baik jika memenuhi 3 kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif.
Aspek valid dikaitkan dengan 2 hal yaitu :
1.      Apakah bahan ajar yang dikembangkan didasarkan pada rasional teoritik yang kuat
2.      Apakah terdapat konsisten internal
Aspek praktis hanya dapat dipenuhi jika :
1.    Para ahli dan praktisi menyatakan bahwa apa yang dikembangkan dapat diterapkan.
2.    Kenyataan menunjukkan bahwa apa yang dikembangkan tersebut dapat diterapkan
Aspek efektif, Akker memberikan parameter :
1.    Ahli dan praktisi berdasarkan pengalamannya menyatakan bahwa bahan ajar  tersebut efektif.
2.    Secara operasional bahan ajar tersebut memberikan hasil sesuai yang diharapkan.
Secara rinci untuk melihat suatu bahan ajar itu dikatakan valid, praktis dan efektif, (Suryadi, 2005) dapat di lihat sebagai berikut :
Kevalidannya jika :
·      Sintaks pembelajaran didukung keterlaksanaannya dengan baik oleh fungsi perangkat pembelajaran.
·      Sintaks dan bahan ajar mampu menciptakan aktifitas siswa dan guru dengan baik.
·      Sintaks dan bahan ajar  mampu menciptakan sistem sosial dengan baik.
·      Sintaks dan bahan ajar mampu menimbulkan dampak instruksional dan dampak pengiring.
Kepraktisannya jika :
·      Sintaks pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik.
·      Sistem sosial dapat diciptakan.
·      Prinsip rekasi dapat dibangun dampak pengiring dan dampak instruksional dapat ditumbuhkan.
·      Siswa dan guru dapat melaksanakan kegiatan / aktifitas sesuai dengan aktifitas yang dicantumkan pada sintaks pembelajaran.
·      Guru dapat mengelola pembelajaran dan menjalankan perannya dengan baik.
·      Guru dapat menjalankan perannya sebagai motivator, fasilitator, pencetus ide.
Serta keefektifannya jika :
·      Rata-rata aktifitas siswa, aktif.
·      Rata-rata aktifitas siswa pada tugas, aktif.
·      Rata-rata keefektifan relatif penguasaan bahan pembelajaran, efektif.
·      Respons siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan baik/positif.
·      Respon guru terhadap pembelajaran yang dilaksanakan baik/positif.
Pada penelitian ini :
a.    Validasi oleh pakar dan teman sejawat berisikan validasi content, konstruk dan bahasa.
b.    Kepraktisan berarti dapat diterapkan oleh guru sesuai dengan yang direncanakan dan mudah digunakan oleh siswa.
c.       Keefektifan dilihat dari potensial efek yang berupa kualitas hasil belajar, sikap dan motivasi peserta didik.

7 komentar:

  1. assalamu'alaikum mb...salam kenal
    boleh tanya, bukunya Akker itu judulnya apa ya?
    terimakasih...

    BalasHapus
  2. Akker,J.V. 1999. Principles and Methods of Development Research. In J. vam den Akker,R Branch,K Gustafson, N Nieveen and Tj.Plomp (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dodrecht : Kluwer Academic Publishe

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum. mb, salam kenal. saya mau tanya, bukunya Suryadi itu judulnya apa? kira-kira bisa nemuinnya dimana ya? terima kasih.

    BalasHapus
  4. permisi boloeh nanya suryadi itu bukunya "judul bukunya apa"

    BalasHapus
  5. kak boleh nanya ga ,, buku suryadi itu judulnya apa?

    BalasHapus
  6. Kak, buku suryadi 2005 judulnya apa ya?

    BalasHapus
  7. kk buku suryadi apa judulnya ya?

    BalasHapus