KEVALIDAN, KEPRAKTISAN DAN EFEK POTENSIAL
SUATU BAHAN AJAR
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika
Universitas Sriwijaya
Menurut Akker (1999) suatu bahan ajar dikatakan
baik jika memenuhi 3 kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif.
Aspek valid dikaitkan dengan 2 hal yaitu :
1. Apakah bahan ajar yang
dikembangkan didasarkan pada rasional teoritik yang kuat
2. Apakah terdapat konsisten internal
Aspek praktis hanya dapat dipenuhi jika :
1. Para ahli dan praktisi menyatakan bahwa
apa yang dikembangkan dapat diterapkan.
2. Kenyataan menunjukkan bahwa apa yang
dikembangkan tersebut dapat diterapkan
Aspek efektif, Akker memberikan parameter :
1. Ahli dan praktisi berdasarkan
pengalamannya menyatakan bahwa bahan ajar
tersebut efektif.
2. Secara operasional bahan ajar tersebut memberikan hasil sesuai yang diharapkan.
Secara rinci untuk melihat
suatu bahan ajar itu dikatakan valid, praktis dan efektif,
(Suryadi, 2005) dapat di lihat sebagai berikut :
Kevalidannya jika :
· Sintaks pembelajaran didukung
keterlaksanaannya dengan baik oleh fungsi perangkat pembelajaran.
· Sintaks dan bahan ajar mampu
menciptakan aktifitas siswa dan guru dengan baik.
· Sintaks dan bahan ajar mampu menciptakan sistem sosial dengan baik.
· Sintaks dan bahan ajar mampu
menimbulkan dampak instruksional dan dampak pengiring.
Kepraktisannya jika :
· Sintaks pembelajaran dapat dilaksanakan
dengan baik.
· Sistem sosial dapat diciptakan.
· Prinsip rekasi dapat dibangun dampak
pengiring dan dampak instruksional dapat ditumbuhkan.
· Siswa dan guru dapat melaksanakan kegiatan
/ aktifitas sesuai dengan aktifitas yang dicantumkan pada sintaks pembelajaran.
· Guru dapat mengelola pembelajaran dan
menjalankan perannya dengan baik.
· Guru dapat menjalankan perannya sebagai
motivator, fasilitator, pencetus ide.
Serta keefektifannya jika :
· Rata-rata aktifitas siswa, aktif.
· Rata-rata aktifitas siswa pada tugas,
aktif.
· Rata-rata keefektifan relatif penguasaan
bahan pembelajaran, efektif.
· Respons siswa terhadap pembelajaran yang
dilaksanakan baik/positif.
· Respon guru terhadap pembelajaran yang
dilaksanakan baik/positif.
Pada penelitian ini :
a. Validasi oleh pakar dan teman sejawat
berisikan validasi content, konstruk
dan bahasa.
b. Kepraktisan berarti dapat diterapkan oleh
guru sesuai dengan yang direncanakan dan mudah digunakan oleh siswa.
c. Keefektifan
dilihat dari potensial efek yang berupa kualitas hasil belajar, sikap dan
motivasi peserta didik.
assalamu'alaikum mb...salam kenal
BalasHapusboleh tanya, bukunya Akker itu judulnya apa ya?
terimakasih...
Akker,J.V. 1999. Principles and Methods of Development Research. In J. vam den Akker,R Branch,K Gustafson, N Nieveen and Tj.Plomp (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dodrecht : Kluwer Academic Publishe
BalasHapusAssalamualaikum. mb, salam kenal. saya mau tanya, bukunya Suryadi itu judulnya apa? kira-kira bisa nemuinnya dimana ya? terima kasih.
BalasHapuspermisi boloeh nanya suryadi itu bukunya "judul bukunya apa"
BalasHapuskak boleh nanya ga ,, buku suryadi itu judulnya apa?
BalasHapusKak, buku suryadi 2005 judulnya apa ya?
BalasHapuskk buku suryadi apa judulnya ya?
BalasHapus