Daftar Blog Saya

Sabtu, 31 Desember 2011

PERTARUNGAN PENDAPAT MENGENAI ASAL USUL KEHIDUPAN DAN KERAGAMAN JENIS


PERTARUNGAN PENDAPAT MENGENAI ASAL USUL
KEHIDUPAN DAN KERAGAMAN JENIS
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

A. Pertarungan Abiogenesis dan Biogenesis
Aristoteles menyusun hipotesis tentang kemungkinan munculnya kehidupan dari bahan-bahan yang tak hidup, yang dinamakan Generatio Spontanea atau Abiogenesis. Hipotesis ini didukung oleh Paracelsus dan Jean Baptise Van Helmot. Lalu muncul William Harvey yang menolak teori abiogenesis dengan mengemukakan bahwa setiap hewan berasal dari sebuah telur. Ini didukung oleh Fransisco Redi.
B. Evolusi Kehidupan
Para ahli berpendapat bahwa makhluk yang ada sekarang ini berasal dari makhluk dahulu melalui perubahan sedikit demi sedikit. Fosil sebagai sisa makhluk dahulu menunjukkan adanya perbedaan dasar letak pada lapisan-lapisan tanah atau unsur relatif fosil itu. Perubahan-perubahan makhluk hidup itu terjadi sampai sekarang.
Darwin menyimpulkan bahwa keragaman jenis yang mengalami seleksi sama sekali tidak dapat diwariskan hanya disebabkan karena adanya pengaruh lingkungan menurutnya hukum seleksi alam sebagai penyebab evolusi (1) Semua makhluk berjuang untuk hidup; (2) yang lestari ialah yang paling kuat. Ahli botani Belanda Hugo de Vries dan Johannsen meragukan teori seleksi alam Darwin dengan ditemukannya perubahan sifat tiba-tiba pada bunga primrose. Perubahan sifat tiba-tiba dinamakan teori mutasi.


B. Permasalahan pada Teori Seleksi Alam
Pertanyaan pertama adalah bagaimana cara kehidupan paling sederhana muncul di bumi ini dari zat-zat yang tidak hidup. Pertanyaan besar kedua ádalah apakah benar seperti kata orang bahwa apabila kita percaya akan bekerjanya teori seleksi alam Darwin berarti kita juga percaya bahwa nenek moyang manusia adalah kera.
C. Al-Quran dan Asal Usul Kehidupan
Al Qur’an sebagai sumber dari segala sumber ilmu dan sesungguhnyalah manusia tidak mengetahui apa-apa kecuali atas kehendak-Nya. Kajian tentang asal-usul kehidupan dalam Al Qur’an yaitu Surat Al-Anbiya’ [21]:30, Surat An-Nur [24]:45, Surat Taha [20]:53, Surat AsSajdah[32]:Surat Nuh [71]:14, Surat Al-Infitar [82]:7-8, Surat AtTin[95]:4, Surat Al-Alaq [96]:2, Surat Al-An’am [6]:133, dan Surat Al-Insan [76]:28.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar