MEMILIH
JENIS BAHAN AJAR SESUAI DENGAN
KOMPETENSI
DAN KOMPETENSI DASAR
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika
Universitas Sriwijaya
Hal yang mesti diperhatikan dalam
memilih jenis materi adalah adalah menyesuaikan dengan standar kompetensi yang
telah ditentukan. Selanjutnya Darmadi (2009) menyatakan pemiliha jenis materi
ajar juga harus memperhatikan jumlah siswa adan ruang yang cukup memadai
sehingga mempermudah siswa dalam mencapai standar kompetensi.
Berpijak dari aspek-aspek standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang telah diidentifikasi, langkah selanjutnya
adalah memilih jenis materi yang sesuai dengan dengan aspek-aspek yang terdapat
dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar tersebut. Materi yang diajarkan
perlu diidentifikasi apakah termasuk jenis fakta, konsep, prosedur, afektif,
atau gabungan lebih daripada satu jenis materi. Dengan mengidentifikasi
jenis-jenis materi yang akan diajarkan, maka guru akan mendapatkan kemudahan
dalam cara mengerjakannya. Setelah jenis materi pembelajaran teridentifikasi,
langkah berikutnya adalah memilih jenis materi tersebut dengan standar
kompetens atau kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Identifikasi jenis
materi pembelajaran juga penting untuk keperluan mengajarkannya. Sebab, setiap
jenis materi pembelajaran memerlukan strategi pembelajaran atau metode, media,
dan sistem evaluasipenilaian yang berbeda-beda. Misalnya metode mengajarkan
materi fakta atau hafalan adalah dengan menggunakan “jembatan ingatan”(mnemonics),
sedangkan metode untuk mengerjakan prosedur adalah “demonstrasi”.
Cara yang paling mudah untuk
menentukan jenis materi pembelajaran yang akan diajarkan dengan jalan
mengajukan pertanyaan tentang kompetensi dasar
yang harus dikuasai siswa. Dengan mengacu pada kompetensi dasar, kita akan
mengetahui apakah materi yang harus diajarkan adalah berupa fakta, konsep,
prinsip, prosedur, aspek sikap, atau psikomotorik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar