Daftar Blog Saya

Sabtu, 31 Desember 2011

MEMILIH JENIS BAHAN AJAR


MEMILIH JENIS BAHAN AJAR SESUAI DENGAN
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

Hal yang mesti diperhatikan dalam memilih jenis materi adalah adalah menyesuaikan dengan standar kompetensi yang telah ditentukan. Selanjutnya Darmadi (2009) menyatakan pemiliha jenis materi ajar juga harus memperhatikan jumlah siswa adan ruang yang cukup memadai sehingga mempermudah siswa dalam mencapai standar kompetensi.
Berpijak dari aspek-aspek standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah memilih jenis materi yang sesuai dengan dengan aspek-aspek yang terdapat dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar tersebut. Materi yang diajarkan perlu diidentifikasi apakah termasuk jenis fakta, konsep, prosedur, afektif, atau gabungan lebih daripada satu jenis materi. Dengan mengidentifikasi jenis-jenis materi yang akan diajarkan, maka guru akan mendapatkan kemudahan dalam cara mengerjakannya. Setelah jenis materi pembelajaran teridentifikasi, langkah berikutnya adalah memilih jenis materi tersebut dengan standar kompetens atau kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Identifikasi jenis materi pembelajaran juga penting untuk keperluan mengajarkannya. Sebab, setiap jenis materi pembelajaran memerlukan strategi pembelajaran atau metode, media, dan sistem evaluasipenilaian yang berbeda-beda. Misalnya metode mengajarkan materi fakta atau hafalan adalah dengan menggunakan “jembatan ingatan”(mnemonics), sedangkan metode untuk mengerjakan prosedur adalah “demonstrasi”.
Cara yang paling mudah untuk menentukan jenis materi pembelajaran yang akan diajarkan dengan jalan mengajukan pertanyaan tentang kompetensi dasar  yang harus dikuasai siswa. Dengan mengacu pada kompetensi dasar, kita akan mengetahui apakah materi yang harus diajarkan adalah berupa fakta, konsep, prinsip, prosedur, aspek sikap, atau psikomotorik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar