Daftar Blog Saya

Sabtu, 31 Desember 2011

TEORI BELAJAR YANG RELEVAN DENGAN MODEL PENGAJARAN LANSUNG


TEORI BELAJAR YANG RELEVAN DENGAN
MODEL PENGAJARAN LANSUNG
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

  1. Teori Vigotsky
Teori Vigotsky lebih menekankan pada aspek sosial dari pembelajaran. Menurut Vigotsky bahwa proses pembelajaran akan terjadi jika anak bekerja atau menangani tugas-tugas yang belum dipelajari, namun tugas-tugas tersebut masih berada dalam jangkauan mereka disebut dengan zona of proximal development, yaitu daerah dengan tingkat perkembangan sedikit di atas daerah perkembangan seseorang saat ini (Trianto, 2007: 27).
Satu lagi ide penting dari Vigotsky adalah scaffolding yaitu pemberian bantuan kepada anak-anak selama tahap-tahap awal perkembangannya dan mengurangi bantuan tersebut dan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil alih tanggung jawab yang semakin besar segera setelah anak dapat melakukannya.
2.      Teori Ausubel
Inti dari teori Ausubel adalah tentang belajar bermakna. Dahar (1988, 137) menyatakan bahwa bagi Ausubel belajar bermakna suatu  proses dikaitkan seseorang. Faktor yang paling penting yang mempengaruhi belajar adalah apa yang telah diketahui oleh siswa. Yakinilah ini dan ajarkan ia demikian ( Dahar, 1988:143). Pernyataan inilah yang menjadi inti dari teori belajar Ausubel. Dengan demikian agar terjadi belajar bermakna, konsep baru atau informasi baru harus dikaitkan dengan konsep-konsep yang sudah ada dalam struktur kognitif seseorang.
3.    Pembelajaran Matematika dalam Pandangan Konstruktivis
Menurut Hudoyo (1999­) pembelajaran matematika dalam pandangan konstrktivis harus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut; siswa aktif dalam belajarnya, siswa belajar matematika secara bermakna dengan bekerja dan berpikir, informasi baru harus mampu dikaitkan dengan informasi sebelumnya  sehingga menyatu dengan skemata yang dimiliki oleh siswa, orientasi pembelajaran adalah investigasi dan mengarah kepada pemecahan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar