Daftar Blog Saya

Sabtu, 31 Desember 2011

HASIL BELAJAR SISWA


HASIL BELAJAR SISWA
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

            Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku. sebagai sebuah proses maka sudah barang tentu harus ada yang di proses dan akhir dari proses. akhir dari proses inilah yang disebut hasil belajar. Hasil belajar ini terdiri dari perubahan tingkah laku tersebut.
            Menurut Arikunto (1992) mendefinisikan hasil belajar sebagai hasil akhir setelah mengalami proses belajar, dimana tingkah laku itu tampak dalam bentuk yanga dapat diamati atau diukur. Jadi, hasil belajar siswa adalah hasil yang diperoleh setelah siswa melakukan kegiatan belajar matematika dalam kurun waktu tertentu, dimana hasil belajar tersebut dapat diukur dengan tes.
                        Untuk mengetahui keberhasilan proses belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar yang dapat diukur menggunakan tes, terutama hasil belajar kognitif yang berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari aspek pengetahuan atau ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. hasil belajar ini biasanya dinyatakan dalam bentuk angka, huruf atau kata-kata baik, sedang, kurang dan sebagainya (Sidharta, 2004).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar