TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika
Universitas Sriwijaya
Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah walk through,
observasi dan dokumentasi.
1. Walk Through
Untuk
memperoleh data validasi digunakan pendapat pakar yang fokus pada kejelasan dan
kebermaknaan materi, dengan cara memberikan prototipe kepada pakar dan pakar
mengevaluasi setiap halaman prototipe berdasarkan isi, konstruk dan bahasa.
2. Observasi
Secara umum
pengertian observasi seperti yang dikutip dari
pendapat Dja’ali dan Muljono (2004: 23) adalah cara menghimpun
bahan-bahan keterangan yang dilakukan dengan mengadakan observasi dan
pencatatan secara sistematis terhadap fenomena-fenomena yang dijadikan objek
observasi. Pada penelitian ini, observasi digunakan untuk mengumpulkan data
mengenai aktivitas siswa dalam mempelajari materi
pembelajaran yang dikembangkan melalui Model Pengajaran Lansung. Observasi terhadap subjek penelitian
dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung.
Observasi dilakukan oleh guru matematika dan teman sejawat berdasarkan format
observasi yang telah disediakan oleh peneliti.
3.
Dokumen
Instrumen
penelitian berupa prototype bahan ajar (RPP dan LKS dan soal tes) yang dibuat divalidasi oleh pakar dan teman sejawat
secara isi (content), konstruk, dan bahasa. Semua saran dan komentar mereka merupakan
data dokumen yang akan dianalisis guna merevisi prototype tersebut sehingga valid, praktis dan efektif. Dalam analisis dokumen ini juga dianalisis
tentang variasi strategi peserta didik dalam menjawab soal-soal dan kualitas
jawaban yang dihasilkan).
4.
Teknik Analisis Data
1. Analisis Walk Through
Hasil walk through dengan pakar dianalisis
secara deskriptif sebagai masukan
yang digunakan
untuk merevisi pada setiap
langkah pengembangan prototipe.
Tabel 3.2
Saran dari pakar untuk
prototipe dan keputusan revisi.
Komentar
|
Keputusan Revisi
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar