Daftar Blog Saya

Sabtu, 31 Desember 2011

TEKNIK PENGUMPULAN DATA


TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah walk through, observasi dan dokumentasi.
1.      Walk Through
Untuk memperoleh data validasi digunakan pendapat pakar yang fokus pada kejelasan dan kebermaknaan materi, dengan cara memberikan prototipe kepada pakar dan pakar mengevaluasi setiap halaman prototipe berdasarkan isi,  konstruk dan bahasa.
2.      Observasi
Secara umum pengertian observasi seperti yang dikutip dari  pendapat Dja’ali dan Muljono (2004: 23) adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan yang dilakukan dengan mengadakan observasi dan pencatatan secara sistematis terhadap fenomena-fenomena yang dijadikan objek observasi. Pada penelitian ini, observasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai aktivitas siswa dalam mempelajari materi pembelajaran yang dikembangkan melalui Model Pengajaran Lansung. Observasi terhadap subjek penelitian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Observasi dilakukan oleh guru matematika dan teman sejawat berdasarkan format observasi yang telah disediakan oleh peneliti.


3.      Dokumen
Instrumen penelitian berupa prototype bahan ajar (RPP dan LKS dan soal   tes) yang dibuat divalidasi oleh pakar dan teman sejawat secara isi (content), konstruk, dan bahasa.  Semua saran dan komentar mereka merupakan data dokumen yang akan dianalisis guna merevisi prototype tersebut sehingga valid, praktis dan efektif.  Dalam analisis dokumen ini juga dianalisis tentang variasi strategi peserta didik dalam menjawab soal-soal dan kualitas jawaban yang dihasilkan).

4.      Teknik Analisis Data
1.      Analisis Walk Through
Hasil walk through dengan pakar dianalisis secara deskriptif sebagai masukan yang  digunakan untuk merevisi pada setiap langkah pengembangan prototipe.
Tabel 3.2
Saran dari pakar untuk prototipe dan keputusan revisi.
Komentar
Keputusan Revisi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar