TEORI BELAJAR-MENGAJAR MATEMATIKA
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika
Universitas Sriwijaya.
Jika diimplementasikan antara teori belajar yang sesuai
dan menjadi dasar belajar-mengajar matematika adalah :
·
Bruner dengan
perkembangan mental enactive dan teori konstruksi,
·
Thonrndike dengan
Stimulus-Respon (S-R) dengan hukum kesiapannya.
Sedangkan jika konsep sudah dipahami dan kita lanjutkan
dengan gambar, maka teori belajar yang terkait adalah : Bruner dari
perkembangan mental pada tahap ikonic.
Jika sudah dilanjutkan dengan lambang/simbol, maka teori
belajar yang terkait adalah :
·
Piaget dengan semua
syarat karakteristiknya dalam operasi kongkrit;
·
Bruner dengan tahap
perkembangan mental symbolik dan teori konectvitas karena diri siswa
menghubungkan antara konsep, struktur, dan keterampilan.
·
Thorndike dengan
hukum latihan;
·
Ausubel dengan pengertian
belajar bermakna.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,
Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi
Revisi). 2008. Jakarta : Bumi Aksara
Trianto,
Model-Model Pembelajaran Inovatif
Berorientasi Konstruktivistik. 2007. Jakarta : Prestasi Publishing.
Tim
MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika, Common
Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. 2001. Bandung :
JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Ruseefendi,
Pengantar kepada Membantu Guru
Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.
2006. Bandung : Tarsito.
Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. 2003.
Bandung : Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar