DESAIN
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika
Universitas Sriwijaya.
Dalam era globalisasi secara secara timbal balik
mengakibatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang pesat. Dalam
keadaan demikian sumber daya manusia (SDM) yang terdidik akan sangat berperan
dan menentukan. SDM yang terdidik akan lebih mudah menyerap informasi bau
dengan lebih efektif; sehingga mempunyai kemampuan yang handal dalam
menyesuaikan diri terhadap perkembangan dan perubahan zaman.
Matematika
berfungsi mendasari pengembangan IPTEK. Karena itu penguasaan terhadap
matematika diperlukan bagi siswa agar mampu berkompetisi, karena hampir semua
cabang ilmu pengetahuan berhubungan dengan matematika.
Kegiatan
pembelajaran di kelas dapat mempengaruhi penguasaan kosep matematika bagi siswa.
Cara guru menciptakan suasana di kelas sangat berpengaruh pada reaksi yang
ditampilkan siswa dalam pembelajaran. Jika guru berhasil menciptakan suasana
yang menyebabkan siswa termotivasi dan aktif dalam belajar, maka memungkinkan
peningkatan hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Siswa akan mempelajari
materi dengan sungguh-sungguh sehingga mencapai pengertian yang dalam.
Pemilihan
strategi yang tepat akan mempermudah proses terbentuknya pengetahuan pada siswa.
Apalagi pada topik-topik yang dianggap sulit dipelajari siswa.
Pecahan
merupakan topik yang sering dianggap sulit dalam matematika. Tetapi topik
pecahan selalu menjadi salah satu materi pokok yang diajarkan di setiap
tingkatan pendidikan. Oleh karena itu topik pecahan perlu disajikan sedemikian
rupa sehingga siswa tidak merasa dibebani dengan tugas yang sulit.
Pada makalah ini penulis memcoba
menerapkan salah satu model belajar. Model belajar yang dimaksud adalah
pembelajari kooperatif. Model belajar ini merupakan salah satu model belajar
yang menganut teori belajar konstruktivisme.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,
Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi
Revisi). 2008. Jakarta : Bumi Aksara
Trianto,
Model-Model Pembelajaran Inovatif
Berorientasi Konstruktivistik. 2007. Jakarta : Prestasi Publishing.
Tim
MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika, Common
Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. 2001. Bandung :
JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Ruseefendi, Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan
Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. 2006.
Bandung : Tarsito.
Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. 2003. Bandung : Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar