Daftar Blog Saya

Minggu, 01 Januari 2012

TEORI BELAJAR-MENGAJAR MATEMATIKA


TEORI BELAJAR-MENGAJAR MATEMATIKA
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.

Jika diimplementasikan antara teori belajar yang sesuai dan menjadi dasar belajar-mengajar matematika adalah :
·           Bruner dengan perkembangan mental enactive dan teori konstruksi,
·           Thonrndike dengan Stimulus-Respon (S-R) dengan hukum kesiapannya.
Sedangkan jika konsep sudah dipahami dan kita lanjutkan dengan gambar, maka teori belajar yang terkait adalah : Bruner dari perkembangan mental pada tahap ikonic.
Jika sudah dilanjutkan dengan lambang/simbol, maka teori belajar yang terkait adalah :
·           Piaget dengan semua syarat karakteristiknya dalam operasi kongkrit;
·           Bruner dengan tahap perkembangan mental symbolik dan teori konectvitas karena diri siswa menghubungkan antara konsep, struktur, dan keterampilan.
·           Thorndike dengan hukum latihan;
·           Ausubel dengan pengertian belajar bermakna.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). 2008. Jakarta : Bumi Aksara

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. 2007. Jakarta : Prestasi Publishing.

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika, Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. 2001. Bandung : JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ruseefendi, Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. 2006. Bandung : Tarsito.

Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. 2003. Bandung : Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar