Daftar Blog Saya

Minggu, 01 Januari 2012

PENERAPAN BERBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN


PENERAPAN BERBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

Landasan Hukum
  1. Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional dengan standar nilai
  2. Keputusan kenaikan kelas dilakukan satu tahun sekali
  3. Pemilihan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa pada tingkat SLTA
  4. Penerapan UU Guru dan Dosen
Landasan Filsafat
  1. Pembelajaran nilai-nilai moral dan Pancasila pada mata pelajaran PPKn
  2. Pelaksanaan P4 pada awal masuk sekolah.
  3. Penerapan kurikulum yang sesuai dengan nilai manfaatnya terhadap siswa.
  4. Pembelajaran agama untuk mendidik akhlak siswa melalui mata pelajaran agama.
Landasan Sejarah
  1. Pelaksanaan upacara bendera dan peringatan hari besar nasional
  2. Pembelajaran sejarah melalui mata pelajaran sejarah.
  3. Diajarkan lagu-lagu lagu-lagu nasional untuk mengenang kembali sejarah perjuangan bagsa.
Landasan Psikologi
  1. Adanya guru BP untuk membantu menyelesaikan permasalahan siswa.
  2. Pembagian jurusan kepada siswa (IPA, IPS, Bahasa) disesuaikan dengan bakat, minat dan potensi siswa.
  3. Kebijakan sekolah untuk menggumumkan juara di sekolah setelah ujian kenaikan kelas, sebagai reward kepada siswa yang berprestasi dan juga memotivasi siswa lainnya.
  4. Pemberian beasiswa berprestasi sebagai reward kepada siswa yang memiliki prestasi tinggi.
Landasan Sosial Budaya
  1. Dalam kurun waktu tertentu siswa diminta untuk bergong royong membersihkan sekolah.
  2. Pelaksanaan piket kelas dalam bentuk kelompok yang juga mendidik budaya kerjasama dan gotong royong kepada siswa.
  3. Siswa diajarkan untuk hormat dan patuh kepada guru, yang merupakan budaya masyarakat Indonesia.
Landasan Ekonomi :
  1. Pemberian beasiswa kepada siswa bantuan kepada siswa yang kurang mampu.
  2. Pemanfaatan Perpustakaan bagi siswa dalam membantu penyampaian informasi serta sarana belajar kepada siswa, hal ini tentunya untuk meringankan biaya kepada siswa untuk mendapatkan informasi dan buku-buku serta sarana belajar lainnya.
  3. Diajarkan keterampilan secara gratis kepada siswa yang kurang mampu sebagai salah satu skiil yang bias didapatkan tanpa harus mengeluarkan biaya seperti di lembaga belajar non formal, seperti belajar menjahit, menyulam, bahasa inggris, dan computer.
  4. Siswa diwajibkan membayar iuran komite setiap bulan untuk membantu biaya operasional sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
 

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika, Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. 2001. Bandung : JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

RuseEfendi, Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. 2006. Bandung : Tarsito.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar