Daftar Blog Saya

Minggu, 01 Januari 2012

DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA


DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.

Dalam era globalisasi secara secara timbal balik mengakibatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang pesat. Dalam keadaan demikian sumber daya manusia (SDM) yang terdidik akan sangat berperan dan menentukan. SDM yang terdidik akan lebih mudah menyerap informasi bau dengan lebih efektif; sehingga mempunyai kemampuan yang handal dalam menyesuaikan diri terhadap perkembangan dan perubahan zaman.
Matematika berfungsi mendasari pengembangan IPTEK. Karena itu penguasaan terhadap matematika diperlukan bagi siswa agar mampu berkompetisi, karena hampir semua cabang ilmu pengetahuan berhubungan dengan matematika.
Kegiatan pembelajaran di kelas dapat mempengaruhi penguasaan kosep matematika bagi siswa. Cara guru menciptakan suasana di kelas sangat berpengaruh pada reaksi yang ditampilkan siswa dalam pembelajaran. Jika guru berhasil menciptakan suasana yang menyebabkan siswa termotivasi dan aktif dalam belajar, maka memungkinkan peningkatan hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Siswa akan mempelajari materi dengan sungguh-sungguh sehingga mencapai pengertian yang dalam.
Pemilihan strategi yang tepat akan mempermudah proses terbentuknya pengetahuan pada siswa. Apalagi pada topik-topik yang dianggap sulit dipelajari siswa.
Pecahan merupakan topik yang sering dianggap sulit dalam matematika. Tetapi topik pecahan selalu menjadi salah satu materi pokok yang diajarkan di setiap tingkatan pendidikan. Oleh karena itu topik pecahan perlu disajikan sedemikian rupa sehingga siswa tidak merasa dibebani dengan tugas yang sulit.
Pada makalah ini penulis memcoba menerapkan salah satu model belajar. Model belajar yang dimaksud adalah pembelajari kooperatif. Model belajar ini merupakan salah satu model belajar yang menganut teori belajar konstruktivisme.

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). 2008. Jakarta : Bumi Aksara

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. 2007. Jakarta : Prestasi Publishing.

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika, Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. 2001. Bandung : JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ruseefendi, Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. 2006. Bandung : Tarsito.

Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. 2003. Bandung : Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar