Daftar Blog Saya

Minggu, 01 Januari 2012

ONTOLOGI PENGETAHUAN


ONTOLOGI PENGETAHUAN
Oleh: Aisyah*
*Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya

1.    PENGETAHUAN
Pengetahuan adalah apa yang kita ketahui berupa kesimpulan yang merupakan hasil dari pengamatan terhadap suatu gejala yang parsial.
2.     ILMU / SCIENCE
Ilmu berasal dari bahasa ‘Arab “alima” sama dengan kata dalam bahasa Inggris “Science” yang berasal dari bahasa Latin “Scio” atau “Scire” yang kemudian di Indonesia-kan menjadi Sains. Ilmu adalah kumpulan pengetahuan secara holistik yang tersusun secara sistematis yang teruji secara rasional dan terbukti empiris. Ukuran kebenaran Ilmu adalah rasionalisme dan empirisme sehingga kebenaran ilmu bersifat Rasional dan Empiris.
3.    FILSAFAT
Filsafat berasal dari kata Yunani Philos dan Sophia yang secara umum berarti Cinta pada Kearifan. “Filsafat adalah berpikir secara menyeluruh, mendasar namun spekulatif” Filsafat adalah upaya pengerahan akal budi berupa berpikir yang mendalam dan holistik namun spekulatif mengenai hakikat sesuatu yang bertujuan untuk menemukan jawaban dari persoalan yang dipertanyakan.
Namun filsafat bersifat spekulatif / asumtif sehingga kebenarannya pun bersifat spekulatif/asumtif.


4.    FILSAFAT ILMU
“Filsafat ilmu adalah bentuk pemikiran yang mendalam mengenai azas-azas, latar belakang, penyelenggaraan dan keterhubungan di dalam ilmu”
“Filsafat Ilmu adalah sebuah studi/pembahasan mengenai dasar-dasar ilmu, terbentuknya struktur ilmu serta perkembangan ilmu”
5.    ONTOLOGI
Ontologi dalam definisi Aristoteles, yaitu pembahasan tentang hal ada sebagai hal ada (hal ada sebagai demikian) mengalami perubahan yang dalam, sehubungan dengan objeknya. Ontologi dalam Pandangan The Liang Gie adalah bagian dari filsafat dasar yang mengungkap makna dari sebuah eksistensi yang pembahasannya meliputi persoalan-persoalan :
-          Apakah artinya ada, hal ada ?
-          Apakah golongan-golongan dari hal yang ada ?
-          Apakah sifat dasar kenyataan dan hal ada ?
-          Apakah cara-cara yang berbeda dalam mana entitas dari kategori-kategori logis yang berlainan (misalnya objek-objek fisis, pengertian universal, abstraksi dan bilangan) dapat dikatakan ada ?
Ontologi dalam Ensiklopedi Britannica Yang juga diangkat dari Konsepsi Aristoteles, yaitu teori atau studi tentang being / wujud seperti karakteristik dasar dari seluruh realitas. Ontologi dalam Filsafat ilmu adalah studi/pengkajian mengenai sifat dasar ilmu yang sifat dasar itu menentukan arti, struktur dan prinsip ilmu.


6.    ONTOLOGI DALAM STRUKTUR ILMU, POSISI DAN PERAN PENTINGNYA
Ontologi menempati posisi penting karena ia merupakan landasan terdasar dari fondasi ilmu dimana disitulah terletak “undang-undang dasarnya” dunia ilmu.
Fenomena ilmu bagaikan fenomena gunung es di tengah lautan, dimana yang nampak oleh panca indera hanyalah sebuah kerucut biasa yang tidak begitu besar namun jika kita selami ke dalamnya maka akan tampak fenomena lain yang luar biasa dimana ternyata kerucut yang terlihat biasa itu merupakan puncak dari sebuah gunung yang dasarnya jauh berada di dalam lautan.
Begitulah dunia ilmu, ilmu yang terlihat oleh kita dan yang ada dalam benak kita ternyata hanyalah permukaan (terapan) saja dari sebuah dunia yang begitu luas yaitu dunia Paradigma atau dunia landasan ilmu.
FENOMENA GUNUNG ES
Pada lapisan ontologi diletakkannya “undang-undang dasar” dunia ilmu oleh para pendiri sains modern pada masa Renaisans yang merupakan penentu dari “hendak dibentuk seperti apakah ilmu yang akan dibangun ini”, “ketujuan manakah ilmu ini diarahkan” dalam konteks sebagai alat untuk membangun peradaban maka “peradaban seperti apakah yang ingin diwujudkan” dan “sebenarnya sedang menuju kearah manakah kita (ummat manusia) dengan menunggang sains modern saat ini ?”



DAFTAR PUSTAKA
Andi Hakim Nasution. Pengantar Ke Filsafat Dains. Penerbit PT. Pustaka Litera Antar Nusa, 1999
http://lela68.wordpress.com/2009/05/24/filsafat-ilmu-perkembangan-teori-atom/. Diakses pada 28 Nopember 2010.                          
Kwary, Deny A. Gambaran Umum Ilmu Bahasa (Linguistik ), (Online),

Salliyanti. 2008  Language is Powerful, (Online),  http://library.usu.ac.id/download/fs/06002046.pdf. Medan: Universitas Sumatera Utara. Diakses pada tanggal 22 November 2009

Suriasumantri, Yuyun S. 2003. Filsafat ilmu sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar